Proses Penangguhan Kota Semarang

 

Sumber : bappeda.semarangkota.go.id

 

Ketangguhan memiliki arti kekuatan, bertahan, kekukuhan. Dalam kehidupan ketangguhan dapat diartikan sebagai mampu bertahan dalam segala situasi. Berbicara tentang ketangguhan, salah satu contoh kota tangguh adalah Kota Semarang.

Sebagai Ibukota Jawa Tengah, Kota semarang sering menghadapi kekeringan, banjir/rob, wabah penyakit, dan abrasi. Padahal jika ingin dibandingkan terhadap kota lain, Kota Semarang memiliki banyak kekurangan infrastruktur yang perlu dibenahi seperti penyediaan air bersih yang masih terdapat 20% penduduk belum terlayani oleh PDAM, dan sistem transportasi publik yang belum optimal. Namun hal itu bukan menjadi kendala utama masyarakat untuk beraktivitas. Justru, bencana alam seperti banjir dan rob lah yang menjadi gangguan masyarakat.

Penerapan Teknologi Pintar Kotaku

visualisasi smart city

 

Kota merupakan pusat dari kegiatan yang dilakukan oleh manusia dalam memenuhi kehidupan sehari-hari, baik untuk bekerja, sekolah, belanja, maupun kegiatan lainnya. Oleh karena itu sebagian besar populasi di dunia berada di perkotaan. Untuk itu dalam menjamin keberlangsungan hidup masyarakat di perkotaan, kota harus dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang dapat menyebabkan aktivitas di perkotaan terganggu bahkan ada kemungkinan sampai berhenti. Kota Manado sebagai ibukota Provinsi Sulawesi Utara menjadikan pusat kegiatan ekonomi maupun aktivitas pemerintahan provinsi berada di Kota Manado. Kondisi ini menjadikan Kota Manado rentan terhadap permasalahan baik ekonomi, sosial, maupun lingkungan yang mengharuskan perencanaan kota memperhatikan prinsip berkelanjutan.


Sebagai respon terhadap kondisi tersebut Kota Manado telah melaksanakan program pembangunan Manado Smart City dengan beberapa program inovasi yang menjadi unggulan yaitu Cerdas Command Center (C3), Portal Analisis Data Berbasis Peta (PANADA), dan Pajak Online Terpadu (PONTER). Dengan adanya program ini menjadikan Kota Manado sebagai salah satu kota yang mengikuti program "Gerakan Menuju 100 Smart City 2018" yang diselenggarakan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika dan masuk dalam 10 besar terbaik dari 50 kota/kabupaten di Indonesia. Konsep Smart City membuat Kota Manado dapat meningkatkan produktivitas daerah dan daya saing ekonomi dengan adanya Pajak Online Terpadu (PONTER) sehingga dapat membuat Kota Manado berketahanan ekonomi dan dapat mensejahterakan masyarakat. Dengan adanya Cerdas Command Center (C3) masyarakat juga dapat mengakses berbagai CCTV yang ada di beberapa titik di Kota Manado sehingga jika terjadi kemacetan dapat diketahui titik mana yang harus dihindari oleh masyarakat. Dan untuk Portal Analisis Data Berbasis Peta (PANADA) pemerintah kota telah menyediakan integrasi data dari berbagai instansi pemerintah yang ada di Kota Manado atau yang disebut Big Data, dan dapat diakses oleh masyarakat secara bebas.


Hal inilah yang dapat disebut sebagai bentuk suatu kota tangguh khususnya dalam hal memanfaatkan teknologi khususnya teknologi pintar yang berbasis online sehingga memberikan kemudahan kepada masyarakat. Bentuk kota tangguh yang ditawarkan oleh pemerintah Kota Manado merupakan inovasi dalam hal pelayanan kepada masyarakat dalam merespon berbagai keluhan maupun kritik yang sering dilayangkan masyarakat kepada pemerintah kota karena
bentuk pelayanan konvensional sangat lambat dan kurang memberikan pelayanan yang cepat kepada masyarakat. Perkembangan kota saat ini sangat berkaitan erat dengan proses urbanisasi atau proses perubahan fungsi suatu kawasan dari yang semula merupakan kawasan non komesrsial menjadi kawasan komersial yang disebabkan oleh kebutuhan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Kawasan yang berada pada pinggiran kota atau sub-urban menjadi kawasan yang paling banyak mengalami perubahan fungsi dan bahkan dari yang semula bukan merupakan wilayah dari perkotaan dapat berubah menjadi bagian dari perkotaan karena fungsi yang dapat menunjang keberlangsungan kota tersebut.


Penerapan teknologi pintar ini juga merupakan bentuk adaptasi yang dilakukan pemerintah kota sebagai respon akan perkembangan sistem informasi maupun teknologi industri yang saat ini telah memberikan dampak yang sangat besar kepada masyarakat, sehingga segala informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat dapat diperoleh dengan sangat cepat dan bahkan tanpa harus keluar rumah. Menjadi kota yang tangguh memang harus memperhatikan berbagai aspek dalam perencanaan namun dalam memanfaatkan teknologi pintar dalam bentuk inovasi maupun adaptasi sudah dapat menjadikan kota tangguh khususnya dalam memberikan kemudahan dalam pelayanan kepada masyarakat kota sehingga dapat menjadikan masyarakat siap dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada di perkotaan.

 

Kindly Anugerah Imanuel Pangauw

Pemenang Artikel 1001 wajah kota

Urbanisasi dalam Keresahan Tata Ruang Kota Indonesia

 

Tata Ruang menurut Undang Undang Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2007 Pasal 1 ayat 2 diartikan sebagai wujud struktur ruang dan pola ruang. Struktur ruang adalah susunan pusat-pusat permukiman dan sistem jaringan prasarana dan sarana yang berfungsi sebagai pendukung kegiatan sosial ekonomi masyarakat yang secara hierarkis memiliki hubungan fungsional. Pola Ruang adalah distribusi peruntukan ruang dalam suatu wilayah yang meliputi peruntukan ruang untuk fungsi lindung dan peruntukan ruang untuk fungsi budi daya.Mengutip pernyataan Teguh Kurniawan di dalam artikelnya yang berjudul “Strategi Pengelolaan Kawasan Perkotaan di Indonesia: Kasus Jakarta dan Wilayah Sekitarnya (Sebuah Temuan Awal)”

Parkir Semrawut Bikin Ribut

Pada zaman modern ini sudah banyak terlihat bangunan-bangunan yang berdiri memenuhi lahan kota. Bangunan-bangunan yang dimaksud adalah bangunan yang digunakan untuk perdagangan dan jasa yang mana banyak masyarakat yang nantinya akan selalu berdatangan untuk memenuhi segala kebutuhannya misalnya, mall, hotel, restoran, dan lain-lain. yang mana sangat membutuhkan lahan untuk parkir.

The Best betting exchange http://f.artbetting.net/
Full reviw on bet365 b.artbetting.net by artbetting.net
www.bigtheme.net