Penulis : Sinta Nuranifah (anggota tim waqaf-PETARUNG)

Status : Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota UGM

“Tulisan ini merupakan sebuah intisari dari hasil observasi dari program mata kuliah KKP-Kuliah Kerja Perencana 11-14 Agustus 2014”

 

 

 

Gambar 1. Image Kota Singapura

Sumber : Dokumentasi Penulis, 2014

Singapura merupakan Negara maju yang memiliki konsepsmart city dalam perencanaan pembangunan kota – kotanya. Smart city itu sendiri merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari smart people yang menjadi bagian parastake holder/ pemangku kepentingan dalam setiap kebijakan  perencanaan yang sifatnya komperhensif. Hal itulah yang menjadi salah satu pendukung kuat konsep smart city sehingga Singapura yang di gadang-gadang menjadi salah satu Negara di dunia yang menjadi kiblat konsep perencanaan kota yang sudah baik.

Konsep smart city dapat dilihat dari beberapa aspek pendukung, diantaranya smart people, smart living, smart economy, smart environment, smart  governance, dan smart mobility. Dalam pembahasan kali ini akan lebih ditekankakn pada smart mobility.

Indonesia bisa belajar dari konsep smart mobility Singapura, karena melihat keadaan di Indonesia dalam hal mobilitas terutama dalam hal transportasi publik, parkir dan manajemen nya masih kurang tertata. Singapura mempunyai sistem transportasi yang sangat baik. Diantara indikator untuk melihat sisi smart mobility Singapura adalah sebagai berikut :

1.    Transportasi Publik

Transportasi publik di Singapura merupakan moda transportasi yang menjadi andalan bagi setiap warga Singapura. Salah satu moda transportasi publik yang dapat kita jumpai di Singapura adalah Mass rapid Transit / MRT. Kenapa? Karena transportasi publik yang satu ini sangat efektif diterapkan di Singapura karena terintegrasi dengan tempat-tempat strategis. Setiap tempat – tempat strategis seperti Bandara Internasional, Pusat – pusat perbelanjaan (Orchad Road, Bugis Road, Marina Bay Sense, little India), dan sentra-sentra perumahan / housing public. Di tempat-tempat strategis tersebut langsung terhubung dengan stasiun MRT.

2.    Sistem Parkir

Parking system merupakan indikator dari smart mobility Singapura. Sitem parkir di Singapura sudah sangat tertata. Hal ini dibuktikan dengan kelengkapan signage parkir yang sudah cukup smart, dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

a.       Signage Peruntukan Parkir Mobil Tranportasi Publik

Gambar 2. Signage Peruntukan Parkir Mobil Tranportasi Publik

Sumber : Dokumentasi Penulis, 2014

 

b.       Garis batas parkir / Park line

Garis parkir ini dilengkapi dengan nomor-nomor parkir, dimana ini akan lebih mempermudah dalam mengetahui keberadaan mobil dita di papan info parkir digital.

Gambar 3. Signage Garis batas parkir / Park line

Sumber : Dokumentasi Penulis, 2014

 

c.       Papan Informasi parkir digital

Papan info ini akan memberikan informasi mengenai ketersediaan parkir di tempat tersebut, apakan masih ada lahan untuk parkir atau sudah penuh. Papan info ini juga akan menunjukan lahan parkir nomor berapa yang masih kosong dan bisa ditempati oleh mobil.

 Gambar 4. Papan Informasi Parkir Digital

Sumber : Dokumentasi Penulis, 2014

 

d.    Parking Charges Information

Signage tersebut akan menunjukkan tarif parkir. Sistem pembayarannya juga menggunakan electronic card.

 Gambar 5. Parking Charges Information

Sumber : Dokumentasi Penulis, 2014

 

e.   Prinsep Street Car Park

Dibawah ini merupakan papan informasi parkir atau signage yang menunjukkan tarif untuk parking on the street (parkir di badan jalan)

(bersambung....)

Add comment


Security code
Refresh

The Best betting exchange http://f.artbetting.net/
Full reviw on bet365 b.artbetting.net by artbetting.net
www.bigtheme.net