Minggu (28/1) kemarin, PETARUNG bersilaturahmi dengan Komunitas Jendela di Sekretariat Komunitas Jendela. Sebagai informasi, Komunitas Jendela adalah salah satu kelompok anak muda yang mempunyai tujuan meningkatkan minat baca buku pada anak-anak. Selain itu mereka juga giat membiasakan agar anak-anak binaannya tidak gandrung pada hiburan/permainan berbasis gadget.

Dalam anjangsana kali ini, PETARUNG diajak untuk ikut mendampingi kegiatan Minggu sore anak-anak di kampung Ngemplak, Karangjati, Sleman. Anak-anak yang berkumpul bersama kami kira-kira berumur antara 5-10 tahun, atau kalau dalam jenjang pendidikan berkisar antara usia TK hingga kelas 3 SD.

Sore itu kami mendampingi anak-anak tersebut untuk membuat pohon cita-cita. Kakak-kakak Jendelist (julukan bagi volunteer di Komunitas Jendela) sudah membawa gambar pohon di sebuah kertas besar, namun pohon itu masih belum memiliki daun. Sehingga anak-anak diminta membuat daun dari kertas lipat yang sudah disediakan, lantas menuliskan cita-citanya di daun tersebut dan mewarnainya dengan crayon. Apabila sudah selesai, anak-anak diminta untuk beramai-ramai menempelkan daun cita-cita mereka di pohon cita-cita.

Kegiatan tersebut berlangsung dengan seru. Ada anak-anak yang langsung fokus dengan "daunnya" masing-masing. Sebagian yang lain terlihat berkeliling ruangan lalu menggoda temannya yang tampak malu saat menulis cita-cita. Segelintir berlari-larian dengan riuh karena sudah menyelesaikan tugasnya lebih cepat dari anak-anak yang lain. Beberapa anak yang belum bisa membaca meminta ditemani membaca buku-buku cerita yang dibawa oleh kakak-kakak Jendelist. Sangat meriah!

Para Jendelist tampak sudah terbiasa dengan aneka polah anak-anak yang beragam. Sesekali mereka mencoba mengontrol situasi dengan mengajak anak-anak menyanyi sebagai selingan agar anak-anak tidak bosan dengan tugasnya.

Setelah satu setengah jam berlalu, jam menunjukkan pukul lima sore. Semua anak berhasil menyelesaikan tugasnya membuat daun cita-cita dan sudah menempelkannya di pohon cita-cita. Sebelum anak-anak berpamitan untuk pulang ke rumah masing-masing, kegiatan Minggu sore itu pun diakhiri dengan bacaan doa dan foto bersama.

Dari kunjungan yang singkat ini, PETARUNG berharap bisa mempererat hubungan silaturahmi dengan komunitas-komunitas yang ada di Jogja. Tentunya secara khusus dengan Komunitas Jendela beserta kakak-kakak Jendelist-nya.

Kalau masih ingin tahu lebih lanjut keasyikan PETARUNG bersama Komunitas Jendela, yuk simak videonya disini. :)

 

Add comment


Security code
Refresh

The Best betting exchange http://f.artbetting.net/
Full reviw on bet365 b.artbetting.net by artbetting.net
www.bigtheme.net